Tips Membersihkan Karpet Masjid Agar Ibadah Lebih Nyaman

Tips membersihkan karpet masjid – Berkembangnya zaman telah membuat beberapa tempat ibadah seperti musholla mulai beralih menggunakan jasa jual karpet masjid, untuk mengganti alas sholat dari sajadah menjadi karpet. Meskipun terbilang efisien, namun ukuran karpet yang besar membuatnya sulit untuk dibersihkan.

Padahal kondisi alas sholat harus selalu bersih dan suci dari hadats. Untuk itu, berikut langkah-langkah yang bisa dicoba agar proses membersihkan karpet lebih mudah.

Tips membersihkan karpet masjid

Cara Membersihkan Karpet Masjid yang Benar

  1. Bersihkan debu dan kotoran dengan vacuum cleaner

Serat kain yang halus dan tebal cenderung banyak membuat debu menempel di sela-sela karpet dan sulit untuk dibersihkan. Untuk itu, sebelum membasahi karpet dengan air, maka lebih baik bersihkan terlebih dahulu debu yang menempel dengan vacuum cleaner.

Pembersihan dengan vacuum cleaner akan lebih memudahkan proses jika dibandingkan dengan langsung menyemprotkan air, karena debu masih kering dan bisa disedot dengan mudah.

  1. Gantung karpet pada jemuran

Untuk memudahkan proses pembersihan dengan air, maka Anda bisa menggunakan jemuran khusus untuk menggantung karpet. Hindari membersihkan karpet di lantai agar air yang kotor bisa mengalir dan tidak mengendap di dalamnya.

Jika perlu maka gunakan jemuran yang tinggi dan kuat sehingga karpet bisa terbentang dan mudah dibersihkan. Lalu Anda bisa menyemprotkan air pada karpet untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel.

  1. Gunakan air bertekanan tinggi

Beberapa kotoran debu mungkin tidak langsung hilang ketika diguyur air. Maka dari itu lebih baik menggunakan selang agar tekanan yang diberikan lebih tinggi dan sisa-sisa kotoran yang membandel bisa ditekan keluar. Dengan menggunakan selang, maka proses pembersihan karpet juga bisa lebih merata hingga ke seluruh permukaan dan sela-sela karpet. Caranya yakni semprotkan air secara merata dari atas hingga ke bawah.

  1. Gosok permukaan karpet dengan sikat dan sabun khusus

Untuk menjaga serat kain karpet agar tidak mudah rontok atau rusak maka lebih baik gunakan sabun khusus untuk membersihkan karpet. Anda bisa tanyakan sabun cuci khusus pada toko jual karpet masjid. Jangan gunakan detergen yang mungkin bisa merusak warna dan tekstur karpet.

Serta jangan menggunakan sikat yang kasar agar serat karpet tidak rusak. Gunakan sikat halus untuk membersihkan area tengah. Hindari pula pemakaian sikat berlebihan agar serat karpet tidak gampang rontok.

  1. Jangan jemur di bawah sinar matahari langsung

Beberapa orang mungkin melakukan kesalahan dengan menjemur karpet secara langsung di bawah sinar matahari agar proses pengeringan lebih cepat. Namun langkah tersebut malah akan membuat serat karpet lebih cepat rusak dan warnanya mudah pudar.

Untuk mengeringkan karpet cukup dengan diangin-anginkan saja. Letakkan atau jemur di tempat yang teduh dengan sirkulasi udara yang lancar agar kualitas karpet bisa lebih tahan lama.

  1. Gunakan backing soda untuk menghilangkan bau

Karpet yang sudah kering biasanya akan menimbulkan bau matahari yang tidak sedap. Untuk itu agar karpet kembali normal maka Anda bisa menambahkan pewangi atau menaburkan backing soda halus pada permukaan karpet.

Backing soda akan menetralisir bau karpet yang menyengat dengan alami. Caranya yakni taburkan backing soda dan diamkan hingga 30-45 menit. Setelah itu bersihkan kembali backing soda dengan vacuum cleaner.