Cara Mudah Mempercantik Wajah Rumah

Banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk mendandani fasad. Namun, jangan sampai dandanan tersebut membuat Anda menomorduakan kenyamanan di dalam rumah. Don’ t judge the book by its cover bunyi pepatah lama yang berkata agar setiap. Demikian manusia jangan menilai sesuatu dari tampilan fisiknya. Namun, pepatah tersebut seakan menjadi angin lalu, jika melihat aksi manusia yang tak henti- hentinya mempercantik diri dengan beragam cara, mulai dari pemakaian kosmetik hingga operasi plastik.

Sama halnya dengan bangunan rumah. Banyak orang menginginkan tampilan “wajah” yang elok dan sempurna bagi rumahnya, khususnya bila penampilan rumah tersebut sudah tua, usang, dan ketinggalan zaman. Dalam dunia arsitektur, “wajah” rumah ini dikenal dengan istilah facade, atau fasad. Menurut Ren Katili, arsitek sekaligus pemilik konsultan ArsitekTropis, berbagai cara bisa ditempuh bila Anda ingin mendandani fasad lama Anda. “Pada dasarnya, tampilan fasad itu dipengaruhi 3 hal, yakni bidang masif, bidang transparan, dan pencahayaan,” ujar pria yang juga merupakan dosen di salah satu universitas swasta di Jakarta ini.

BERAGAM CARA SEDERHANA BISA DILAKUKAN

Ren menjelaskan, setiap bangunan memiliki dua “wajah” yang kerapkali terlihat sangat berbeda, yakni “wajah” di kala siang dan malam hari. Ketika siang hari tiba, faktor yang sangat berperan adalah bidang masif dan bidang transparan. Namun, ketika matahari sudah mulai bersembunyi, pencahayaan menjadi “dandanan” utama. Untuk mengubah bidang transparan seperti jendela dan dinding kaca memang dibutuhkan perombakan fasad, yang akan memakan waktu dan mengganggu aktiv itas seluruh penghuni rumah.

Namun, jika Anda ingin mengubah bidang masif, Ren menjelaskan bahwa “dandanan” tersebut bisa dilakukan dalam langkah yang sangat sederhana. “Sebagai contoh, rumah ibu saya dulu bergaya mediterranian, dengan fasad yang berwarna- warni, yang kala itu memang sedang digemari. Namun, untuk mengubah tampilannya jadi lebih up to d ate, saya coba mengganti warna fasad dengan serba putih. Begitu pula dengan frame atau kusenkusennya, saya ganti warnanya juga. Jadinya lebih fresh, kan? ” ucap Ren.

Selain itu, masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan, seperti melapisi dinding fasad dengan semen kampr0t. Lapisan semen kamprot ini tidak memerlukan perombakan pada struktur bangunan. Waktu pekerjaannya pun relatif cepat, hanya dibutuhkan waktu seharian penuh hingga dinding kamprot selesai dibuat. Selain itu, penggunaan material pelapis lain pun bisa Anda gunakan tanpa harus merombak struktur bangunan sama sekali.

Misalnya, Anda bisa memakai papan semen pengganti kayu, yang pemasangannya hanya perlu ditempelkan dengan sekrup ke dinding fasad. Besi hollow pun bisa Anda susun berjajar v ertikal di depan fasad utama, lalu tambahkan warna sesuai keinginan. Fasad Anda pun bisa berubah tanpa harus repot, bukan? Bahkan, jika sewaktu- waktu ingin mengubahnya, Anda tak perlu susah- susah membobok dinding. Anda cukup melepaskan materialmaterial tersebut dari fasad rumah Anda.

TAMBAHKAN “DANDANAN” YANG FUNGSIONAL

Selain mempercantik tampilan rumah, Ren menganjurkan agar “dandanan” tersebut bersifat fungsional contohnya untuk menutupi kekurangan ruang. Ada pula “dandanan” denganpelapis material lain yang bisa meredam panas yang datang ke arah rumah Anda. “Jika material pelapis semakin tebal dan masif, maka pencapaian panas matahari ke dalam ruang- ruang di rumah Anda akan semakin lama. Jika waktunya semakin panjang, maka panas tersebut dapat semakin memuai dan berkurang perlahan,” ucap Ren.

JANGAN MERUSAK KENYAMANAN

Ren menekankan bahwa “wajah” rumah merupakan sebuah kesatuan yang saling berkaitan dengan bagian dalam rumah. “Banyak kejadian, orang mempercantik fasad tanpa memikirkan integrasi tersebut, sehingga seringnya setelah fasad diubah, rumah malah jadi enggak nyaman,” ujar Ren bercerita. Seperti kasus perempuan yang tidak cocok dengan kosmetik tertentu, “dandanan” yang tidak tepat pun bisa memengaruhi kenyamanan seisi rumah.

Sebagai contoh, kebanyakan orang hanya mempercantik dengan melihat referensi gambar yang sedang ngetren, misalnya dengan memakai dinding kaca yang masif. Padahal, jika keseluruhan fasad tertutup tanpa bukaan yang cukup, hal tersebut bisa menyebabkan panas matahari langsung masuk ke dalam rumah. Alhasil, seisi rumah pun terasa panas. Selain itu, pertimbangan perihal kondisi geograf s bangunan pun harus Anda perhatikan sebelum mendandani fasad.

Misalnya, ke arah manakah bangunan ini menghadap? Apa saja kendala dari lingkungan sekitar rumah? Apakah hujan, debu, dan panas menjadi sebuah masalah yang lumrah dihadapi di daerah Anda? Usahakan agar pemilihan “dandanan” fasad tersebut bisa mengatasi kendala- kendala yang mungkin terjadi, serta tidak mengurangi kenyamanan Anda. Jadi, sudahkah Anda memutuskan cara yang terbaik untuk mendandani fasad Anda?

Untuk dapat merasakan kenyaman didalam rumah tentuny dibutuhkan sebuah genset untuk backup listrik ketika aliran listrik dari PLN sedang padam. Genset untuk rumah yang tidak berisik dengan harga murah bisa didapatkan pada distributor jual genset di Medan. Harga dapat dinegosiasikan karena distributor resmi genset dan bergaransi.