Mengenal Alat Kesehatan Elektromedik Dan Contohnya

Ragam alat kesehatan amatlah banyak, untuk memudahkan pengenalannya dibagilah menjadi tiga macam alat. Alat Elektromedik, Non Elektromedik dan juga Diagnostic In Vitro. Namun kali ini kita hanya akan membahas satu diantara tiga jenis alat tersebut yaitu alat Elektromedik.

Pengertian Alat Elektromedik

contoh alat elektromedik

Dinamakan alat Elektromedik karena alat tersebut berhubungan dengan listrik. Alat – alat tersebut juga didalamnya terdapat rangkaian elektronik sehingga penggunaanya harus dengan tenaga listrik. Oleh sebab itu, disebutlah alat tersebut dengan sebutan alat Elektromedik.

Contoh Alat Elekteromedik

Rasanya pembahasan mengenai hal ini tidak lengkap apabila tidak disertai dengan contohnya. Berikut ini beberpa contoh alat Elektromedik lengkap dengan penjelasan fungsinya.

1. EKG (Elektrokardiografi)

Disebut juga dengan alat rekam jantung. Yaitu sebuah alat yang digunakan untuk menganalisa gangguan jantung dengan cara merekam aktifitas kelistrikan jantung. EKG dilengkapi dengan elektroda – elektroda yang menghantarkan listrik dari detak jantung pasien dan kemudian dikonversi menjadi grafik arus (mv) dalam waktu tertentu (t).

Di dalam alat ini tentu saja terdapat rangkaian Elektronik sehingga dapat digunakan untuk merekam aktifitas denyut jantung dalam bentuk kelistrikan. Oleh sebab itu, jelaslah alat ini termasuk ke dalam kategori alat – alat Elektromedik.

2. Defibrillator

Mungkin anda pernah melihat adegan di layar TV dimana pasien sedang ditolong dengan menggunakan sebuah alat. Sekilas bentuknya hampir mirip dengan setrika, kemudian alat tersebut ditempelkan di dada pasien. Nah, itulah defibrillator. Yaitu alat yang berfungsi untuk mengejutkan jantung ketika terjadi Fibrilasi pada Ventrikel. Alat ini secara otomatis masuk dalam alat elektromedik karena jelas menggunakan tenaga listrik.

3. Electrosurgical Unit

Apa lagi ini ? Elektrosurgical atau sering disebut dengan singkatan ESU, yaitu sebuah pisau elektrik yang digunakan untuk membuat sayatan, belahan atau potongan pada jaringan tubuh pasien yang dioperasi. Pisau ini jelas dihidupkan dengan menggunakan tenaga listsrik yang artinya, alat ini bekerja dengan prinsip elektronik. Oleh sebab itu alat ini termasuk juga ke dalam kategori alat elektromedik.

Mungkin cukup tiga alat saja yang bisa saya sebutkan, yang merupakan contoh alat elektromedik. Masih banyak sekali contoh lain yang tidak bisa kita sebutkan satu persatu di kesempatan ini. Untuk anda yang membutuhkan alat Elektromedik, khususnya Defibrillator, silahkah hubungi Distributor Defibrillator Indonesia dengan alamat website www.jualdefibrillator.com