Kapan Detak Jantung Janin Pertama Kali Bisa Didengar

Pada awal – awal kehamilan, terlebih lagi untuk kehamilan pertamanya, seorang ibu sudah tidak sabar lagi ingin mengetahui dan merasakan detak jantungnya. Penasaran dan kekhawatiran dirasakan hampir oleh setiap calon ibu. Meskipun sekarang teknologi sudah maju, dan kita bisa tahu dan memprediksi kapan pertama kali bisa mendengar detak jantungnya.

Sebelumnya, organ vital bayi berkembang dari masa demi masa. Mulai dari pembuahan hingga dapat diprediksi kapan dia dilahirkan. Organ jantung bayi mulai terbentuk pada minggu ke – lima usia kehamilan bersama dengan pembentukan otak dan sumsum tulang belakang.

mendengar detak jantung janin

Lalu, jantung bayi bisa kita rasakan detaknya pada pertengahan atau akhir minggu ke lima. Di masa ini detak jantung janin masih sangat kecil dan belum cukup mampu untuk bisa kita dengar. Lalu kapan bisa kita dengar dengan jelas ?

Pada minggu ke –enam usia kehamilan, darah mulai mengalir ke jantung sehingga di masa ini bisa jadi kita dapat mendengar detaknya. Namun untuk pastinya, biasanya kita bisa mendengar dengan jelas di usia 6,5 minggu hingga 8 minggu usia kehamilan.

Untuk pemeriksaan lebih jelas, dokter biasanya menggunakan alat USG atau hanya cukup dengan menggunakan fetal Doppler untuk memeriksa dan menganalisa detak jantung janin guna mengetahui bagaimana kesehatannya.

Bahkan sekarang anda juga dapat menggunakannya sendiri, anda bisa membeli alat tersebut di toko alat kesehatan. Hampir semua toko alkes jual fetal Doppler dengan berbagai merk dan tipe. Anda bisa sesuaikan dengan anggaran anda tentunya. Ketika anda memilikinya sendiri, anda dapat dengan mudah memeriksa kesehatan si bayi kapan saja.

Bagaimana apabila detak jantung janin tidak terdengar ? Ada banyak kemungkinan hal yang terjadi. Dalam hal ini bisa berupa perhitungan tanggal yang kurang akurat, atau posisi rahim belum tepat dan juga posisi bayi tidak pas dengan alat yang anda gunakan. Kemudian, ukuran tubuh ibu hamil juga mempengaruhi, atau bisa juga disebabkan karena keguguran.

Dalam hal ini anda lebih baik berfikir positif dan segera memeriksakan diri ke dokter atau petugas medis yang terkait. Sekian, semoga bermanfaat !