Tips Menghafal Al Quran Bagi Pemula

Tips Menghafal Al Quran – rumus atau cara menghafal Al Quran secara mandiri atau sendiri dengan capat dan efektif agar tidak mudah lupa untuk anak, remaja, dan segala usia akan kita bahas pada pertemuan kali ini. Jadi simak dengan baik baik agar langkah demi langkahnya kita pahami dengan benar.

Sebalumya apakah niat kita menghafal itu tulus karena ingin mendapat keridoan Allah atau hanya ingin mendapat pujian semata, jika jawabannya untuk mendapat pujian orang lain maka cupukkan membaca anda pada baris ini, karena percuma amalan anda itu dan malah sebaliknya bukannya pahala serta keutamaannya yang akan kita dapat malah akan mendatangkan dosa untuk diri kita sendiri.

Menghafal Al Quran adalan suatu amalan yang mulia, sampai sampai orang yang mampu untuk menghafal Al Quran maka kelak di hari pembalasan dirinya akan menghadiahkan sebuah mahkota yang sangat bersinar kepada kedua orang tuanya, tentunya ini adalah hadiah bagi orang tua kita dan merupakan salah satu cara berbakti kepada orang tua, dan hadits yang mengatakan tentang mahkota tersebut adalah shahih. Jadi, yuk kita berlomba lomba untuk kebaikan diri sendiri dan orang tua. Baik, yuk langsung saja kita mulai pembahasan kali ini.

Tips Menghafal Al Quran Dengan Mudah

Nah, ada beberapa kiat-kiat bagi teman teman yang baru pertama kali menghafal Al Quran, dan berikut ini tips tips menghafal Al Quran untuk yang baru pertama menghafal sampai tips menguatkan hafalan tersebut.

1. Luruskan Niat

Luruskan niat kita terlebih dahulu, karena akan percuma jika niat kita adalah hanya ingin mendapatkan pujian semata dari manusia. Jadi, luruskan niat kita dalam menghafal hanya ingin mendapatkan keridoan-Nya dan mengharap ampunan dari-Nya.

2. Mulai Menghafal Dari Surat Pendek

Untuk teman teman yang baru pertama kali mencoba untuk menghafal  Al Quran, mulailah dengan menghafal surat surat pendek yang ada di juz 30 atau Juz Amma. Dan untuk membantu proses menghafal, teman teman bisa mendengarkan mp3 Juz Amma dengan rutin. Dengan cara membaca dan mendengarkan murottal Al Quran maka otak kita akan mudah merekam ayat demi ayat dalam Al Quran.

3. Membaca Berulang-ulang

Kali pertama menghafal jangan langsung dihafal per ayat ya, karena langkah seperti ini akan membuat kita mudah lupa terhadap ayat ayat yang baru dihafal dan akan lama proses menghafalnya, cara terbaik yang bisa kita lakukan adalah dengan cara membaca perbaris atau per-ayat sebanyak kurang lebih 20 kali. Setelah dibaca sebanyak itu maka coba mulai menghafal, pasti proses menghafal per-ayat atau perbaris akan menjadi lebih mudah.

4. Target Hafalan Dalam Sehari

Kita harus mempunyai targetan dalam menghafal, target yang pas untuk teman teman yang baru memulai menghafal Al Quran adalah 2 baris saja, agar otak kita tidak lelah karena terporsir untuk menghafal. Dengan mengahafal 2 baris setiap harinya maka dalam satu minggi kita hampir menyelesaikan satu muka halalam Al Quran, dan disini disarankan menggunakan Al Quran mushaf Madinah ya teman teman, karena jumlah barisnya sama semua kecuali di Juz Amma yang banyak potongan dari surat surat pendek.

5. Mengulang Hafalan

Setelah kita mendapatkan hampir satu muka halaman, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengulang ulang hafalan tersebut, tujuannya adalah agar hafalan tersebut lebih melekat erat didalam otak kita.

Atau bisa juga dengan menyetorkan hafalan kepada orang lain dengan catatan orang yang kita setori hafalan adalan orang yang bisa membaca Al Quran dengan baik, agar tajwid yang ada dalam Al Quran bisa terkontrol semua dalam hafalan kita.

Nah, setidaknya ada beberapa point yang bisa kita pelajari dalam pertemuan kali ini, semoga bisa kita amalkan dan semoga bermanfaat untuk kita semua dalam menggapai keridhoan Allah Azza Wa Jalla.